Copywriter merupakan salah satu bagian dari digital marketing, dan juga merupakan digital talent. Kemampuan copywriter semakin diperlukan. Sudah banyak kantor-kantor yang menyediakan lowongan kerja sebagai copywriter, itu memberikan pengertian bahwa penulis copy atau copywriter begitu penting dalam suatu kantor. Copywriting mempunyai teknik penulisan, yuk baca penjelasannya.
Teknik Penulisan di Copywriting
1. AIDA
Teknik Aida terdiri dari Attention, Interest, Desire, Action. Teknik ini cocok sekali dilakukan untuk produk produk yang mengandung manfaat bagi kesehatan. Namun kamu dapat kolaborasikan juga dengan produk lain. Contoh Teknik AIDA
Attention: Seberapa sering kamu ngerasa sulit buang air besar?
Interest: Berdasarkan penelitian buang air besar setiap itu harus loh, karena jika tidak racun yang ada dalam kotoran kamu bisa menumpuk, dan berdampak buruk bagi kesehatan kamu.
Desire: Coba bayangkan kalau kamu mudah dalam buang air besar?
Action: Klik disini untuk membaca lebih lanjut (sebutkan nama produk sesudah diklik)
2. BAB
Teknik yang kedua yaitu BAB, bukan buang air besar ya, namun Before After Bridge. Produk kosmetik atau skincare paling banyak menggunakan teknik ini, karena menggunakan before atau keadaan sebelum menggunakan produk, dan after yaitu keadaan sesudah menggunakan produk, Bridge: Kondisi yang diharapkan, contoh Teknik BAB pada skincare
Before: kulit kering
After: kulit lembab
Bridge: Dengan menggunakan cream day yang terbuat dari lidah buaya yang dapat membuat kulit lembab.
3. PAS
PAS ini teknik yang terdiri dari Problem, Agitate, Solution. Kamu bisa menceritakan dulu masalah yang ada, lalu kamu besar-besarkan masalah tersebut, dan langkah selanjutnya berikan solusi berupa produk yang akan ditawarkan. Contoh
Problem: Sekarang banyak sekali yang mengalami penyakit lambung
Agitate: Padahal penyakit lambung adalah penyakit berbahaya
Solution: Namun jangan khawatir dengan mengkonsumsi bubuk kunyit sebut nama produk masalah lambung kamu bisa diatasi.
Tanggung Jawab Copywriter
Tanggung Jawab Copywriter
1. Membuat Konten yang Penuh Kreativitas
Copywriter harus bisa memiliki cara berpikir yang penuh dengan kreativitas, dan unik. Keunikan ini akan menjadi nilai tambah yang bagus bagi copywriter, karena mampu menulis konten unik dan khas. Klien tentu akan senang jika iklan untuk produknya bisa ditulis dengan kata kata unik dan memikat.
2. Menggunakan Teknik yang Benar
Teknik dalam penulisan copywriting begitu penting, sebab dengan mengikuti teknik penulisan copywriter akan sesuai dengan aturan. Teknik yang benar akan membuat penulisan copywriting semakin sempurna.
3. Menulis Konten Tidak dengan Isu yang Sensitif
Copywriter harus menulis konten mengikuti zaman atau uptodate namun tetap harus memperhatikan isu yang ada, jika mengandung SARA sebaiknya tidak perlu dituliskan, karena khawatir akan menimbulkan masalah.
4. Menulis Konten Harus dengan Data yang Valid
Sebagai copywriter harus menulis dengan data valid, karena jika menulis dengan data yang tidak valid, tentu akan menimbulkan masalah dan bersifat tidak aktual dan kepercayaan masyarakat / pembeli terhadap produk tentu akan berkurang.
5. Menulis Konten Tidak Menyinggung Pihak-Pihak
Copywriter juga harus menulis secara baik, dengan tidak menyinggung pihak-pihak, dengan memperlihatkan identitas asli pihak tersebut, karena ini dapat membuat pertikaian antar pihak.
Tanggung jawab copywriter harus terpenuhi dengan baik. Penulis yang baik adalah penulis yang pandai mentaati aturan. Jadi kamu harus jadi penulis yang bertanggung jawab ya kawan Teknovo.